Event

Warga gempar gempa bumi terjadi di Kalsel.

Kalsel, mitratnipolri.com :

Warga Kalimantan Selatan membuat gempar akibat terjadinya gempa bumi di Kalimantan Selatan seperti di daerah Kota Banjarmasin, Kabupaten Tapin, Kabupaten Barito Kuala , bahkan guncangannya terasa sampai ke Kalimantan Tengah seperti Sampit, Palangkaraya, Pulang Pisau, pada pukul 08.2224 WIB hari Selasa (13/02 /24).

Dari pantauan langsung awak Media mitratnipolri.com di lapangan warga dibuat geger menyebabkan kejadian gempa bumi langka terjadi di Kalsel, karena Kalsel tidak memiliki gunung berapi aktif.
Untuk sementara belum didapat laporan tentang kerusakan rumah dan bangunan lainnya akibat goncangan gempa bumi yang terjadi.

Guna mendapatkan berita yang akurat tentang gempa bumi yang terjadi di Kalsel , awak Media mitratnipolri.com mendatangi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) Stasiun Klimatologi Kalimantan Selatan di Banjarbaru.

Koordinator Bidang data dan Informasi Stasiun Klimatologi BMKG Kalsel Wiji Cahyadi , S.Stat, M.Ling yang ditemui awak media ini menjelaskan bahwa gempa yang terjadi di Kalsel hasil analisis BMKG merupakan Gempa Bumi Tektonik yang memiliki parameter update dengan magnitudo M,4,7 .
Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 3,19″ LS , 115,12″ BT, atau tepatnya terletak di darat pada jarak 19 km arah Timur Laut Banjar – Kalsel pada kedalaman 10 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas Patahan Meratus. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi Tsunami.

Wiji Cahyadi menyampaikan pesan Kepala Stasiun Geofisika Balikpapan Rasmidi, M.Si, kepada masyarakat agar tetap tenang, tidak mempengaruhi isu-isu atas yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.
Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui saluran komunikasi resmi yang telah terverifikasi ( instagram/ Twitter @infoBMKG) , website ( http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id ) atau melalui Mobile Apps ( IOS dan Android) : wrs-bmkg atau infobmkg.*

Jurnalis : Mardian Jafar (Kaperwil MMTP.Kalsel)

Redaksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button